Standar Kelulusan Ujian Nasional Akan Naik Jadi Angka Enam

November 14, 2008 at 4:11 pm 64 comments

Jakarta (ANTARA News) – Pemerintah mengisyaratkan standar kelulusan Ujian Nasional (UN) akan terus ditingkatkan secara bertahap, dimulai sejak tahun 2005, hingga minimal mencapai angka enam sampai tahun ajaran 2008/2009.

“Pada tahun ajaran 2005/2006 standar kelulusan UN ditetapkan 4,26 dan akan dtingkatkan menjadi lima untuk berikutnya. Diharapkan standar kelulusan itu mencapai angka enam pada tahun ajaran 2008/2009,” kata Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Depdiknas Gatot Hari Priowirjanto saat jumpa pers Rakernas Revitalisasi Pendidikan Nasional di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, standar kelulusan itu akan menjadi salah satu agenda pembahasan dalam rapat kerja nasional (Rakernas) yang mengangkat tema Revitalisasi Pendidikan Nasional dengan melibatkan para stake holder di dunia pendidikan antara lain, 46 pakar pendidikan di Indonesia, organisasi pendidikan, para rektor seluruh Indonesia dan sebagainya.

“Angka enam untuk syarat kelulusan UN pada 2009 itu tertuang dalam rencana strategis Restra Depdiknas dan peningkatan angka kelulusan itu terkait dengan upaya Depdiknas untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, sehingga mampu bersaing di era global, khususnya dalam bidang pendidikan bisa sejajar dengan negara-negar lain di dunia,” katanya.

Ia menambahkan, standar nilai kelulusan di negara-negara tetangga saja misalnya sudah mencapai angka enam dan sudah menjadi salah satu syarat minimal untuk mencapai kelulusan UN.

Rakornas dengan tema “Revitalisasi Pendidikan untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” ini akan membahas berbagai masalah, antara lain penyempurnaan Renstra Pendidikan Nasional, penjaminan mutu melalui ujian nasional, penjaminan mutu melalui peningkatan kualifikasi dan sertifikasi pendidik, kurikulum, dan metode pembelajaran.

Ketua Panitia Rakornas Revitalisasi Pendidikan Nasional Baedhowi mengatakan Rakornas itu akan berlangsung 7- 9 Agustus 2006 di Jakarta dan menurut rencana dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kegiatan tersebut akan membahas berbagai persoalan pendidikan yang menyeluruh dan komprehensif dengan melibatkan juga instansi terkait lainnya, seperti Departemen Agama, ESDM, Depdagri, Departemen PU, Depsos dan Bakornas.

Staf ahli Mendiknas itu menjelaskan bahwa peserta rakornas terdiri atas unsur birokrasi, akademisi, legislatif, pakar pendidikan, dunia usaha dan industri, dan perwakilan dari berbagai lembaga maupun ormas penyelenggara pendidikan.

Menurut Kepala Pusat Informasi dan Humas Depdiknas Bambang Wasito Adi, sebagai ungkapan kebanggaan dan terima kasih atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh para siswa dan mahasiswa dalam berbagai ajang kompetisi tingkat internasional, maka dalam kegiatan tersebut juga akan diberikan penghargaan satya lencana.

“Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan Satya Lencana Wirakarya kepada 35 anak muda yang mengharumkan nama bangsa di dunia internasional tersebut. “Total yang kita ajukan 72 orang. Namun kemungkinan hanya 35 peraih medali emas yang berkesempatan diberikan penghargaan,” katanya.(*)

Entry filed under: article creative. Tags: , , , .

LOWONGAN PENERIMAAN PEGAWAI BPPT Akhirnya Standar Nilai Kelulusan Ditetapkan

64 Comments Add your own

  • 1. Moh.dahnan  |  November 15, 2008 at 1:51 am

    apakah bisa saya di infokan skl untuk Un 2008/2009

  • 2. demosainscreative  |  November 15, 2008 at 6:15 am

    SKL dan Kisi2 kemungkinan akan keluar pertengan desember pak.

  • 3. tari  |  November 15, 2008 at 7:44 am

    kenapa standar kelulusan naik jadi 6 ? jauh bgd sama yg kemaren cuman 4,26

  • 4. wan  |  November 17, 2008 at 2:26 am

    angka enam belum final, belum ada publikasi resmi untuk angka pasti ini baru perkiraan. tunggu saja ntar juga akan keluar. ada juga yang menyebutkan mungkin 5,5 tapi semua baru mungkin.. wait n see lah

  • 5. alfie  |  November 20, 2008 at 2:03 am

    Huhuhu

    ngeri banget…

    Zaman koe aja 4.26 udah empot2an..

    Kasian ntar ade2 koe..!

  • 6. adi  |  November 20, 2008 at 5:14 am

    Badai pasti berlalu …. hahhaahah

  • 7. rhabotachy  |  November 21, 2008 at 11:45 pm

    jgn GILA dong…!!!
    koq gitu sich tega bngt,,,
    masa’ KK dr kita nilaix cm 4,26 ttp da jg yg ngk lu2s,,,
    aplgi nlai 6.!!!

  • 8. Dapat duit  |  November 26, 2008 at 7:46 pm

    wew naik terus, padahal bensin aja turun…

  • 9. mega  |  December 15, 2008 at 4:10 am

    qoo naek na tinggi bgt cii…

    kan kcian ade q…

    taon kmaren kn cm 4.26…??

    napa bsa jd k 6…???

    ooOO….tega na….hixz…

  • 10. wiq  |  December 17, 2008 at 4:48 am

    wah seru…….
    memotivasi ana2 buat belajr serius nhee:d
    walau standar naik, moga2 kualitas soal jg makin bagus, bukannya nurun nhee..
    gaa sabar menunggu UAN ^^

  • 11. demosainscreative  |  December 17, 2008 at 5:27 am

    luar biasa ini merupakan komentar terpositif yang saya baca sampai dengan hari ini.. semoga sukses ,……..

  • 12. Septian Nugroho  |  January 2, 2009 at 10:18 am

    Assalamu’alaykum.

    Berdasarkan Permendiknas Nomor 77 Tahun 2008, Nilai Batas Lulus (NBL) anak SMA/MA/SMK adalah nilai rata-rata 5,50 untuk semua pelajaran yang diujikan atau boleh 4,00 maksimal dua mata pelajaran, dan pelajaran lainnya tidak boleh lebih rendah dari 4,25.

    Jangan takut dengan kenaikan tersebut, karena toh standard kelulusan di Indonesia masih cukup rendah.

    Silakan fokus saja untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ingat, bahwa dimana ada kemauan, Insya Allah disana terbentang jalan keluar. Jadi, selamat berjuang dan semoga berhasil!!!

  • 13. Akhur Ansori  |  January 15, 2009 at 6:10 am

    Semakin Tinggi Nilai Standar Kelulusan.. Semakin Tingi Pula Angka KECURANGAN…

  • 14. donna  |  January 21, 2009 at 5:42 am

    menurut saya,standard nilai kelulusan tdk prlu di naikan
    karena itu menambah beban bgi siswa/i di indonesia ini.
    saya selaku siswa mngharapkan,nilai standar kelulusan di turunkan….

  • 15. ihsan  |  January 31, 2009 at 6:21 am

    bagaimana ujian kompetensi smk akuntansi

  • 16. artha pgri  |  February 15, 2009 at 4:57 am

    weh……………..?
    naik,trus kayak gajih pejabat,bukan turun malah naik

  • 17. fifi  |  April 23, 2009 at 2:32 am

    wat,we….da baekNa jg da jlekNa jg, baek wat m’motivasi siswa wat ngemajuin kualitas penddkn qt,jlekNa nambah ngebebani pljar & +in dftr RSJ…..yaps,thanks!!!

  • 18. fahmi  |  May 12, 2009 at 8:14 am

    gila bnr nilai uan bakal menjadi 6,00 >< wa aj yg yg uan tahun sekarang nilai nya 5,5. tapi pesan nya kalo nilai uan di tambah soal2 uan nya agak di permudah ya terutam soal buat mtk ipa n fisika jgn susah2

  • 19. nara  |  June 2, 2009 at 6:14 am

    ^ jgn di naik in dolo lom tentu ank* yg lain bisa nyimbangin dgn nilai 6 itu ..
    ^ malah.. bisa* mkin bertambah murid* yg ” tidak lulus ” loh xlo di naik hin..

    ( harap pengertian ny )

  • 20. nara  |  June 2, 2009 at 6:19 am

    saran w yh..
    jgn telalo cpt di naik kan aj ~
    krn se tahu w nilai yg sdah di naik kan ” tidak ” akn bs di turunkan kn.. so , pkirkan dlo sblum bertindak.

  • 21. Tomy Jansen  |  August 18, 2009 at 3:44 pm

    BtaR age gue hadepiN UjiAnnn Tahun 2009-2010..huh..
    gue selaku murid yang bandel n agak agak ngerti lah dalam masalah pelajaran…gue merasa berat banget kalo STANDAR KELULUSAN di Naikin..apa lagi gue SMK…AkunTansi Pula age…
    ADuHhh toLonG Jangan di Naikin…yang STANDAR ajah yang sesuai kemampuan orang indonesia…huh

  • 22. Tomy Jansen  |  August 18, 2009 at 3:48 pm

    ???????………..T.T
    Doain Yah Mua nA..BiaR gue bisa lulus tahun 2010 ..huh..N nilai Nya BaiK semUA…

    Tx ALLLLLL…

    GBU……..

  • 23. agung  |  August 29, 2009 at 10:29 am

    ya walaupun nilai un 6.00 doain ja ya moga ja gue lulus dengan nilai yang baik amieEeEN…..!!!!
    The best uN 2010

    SMaNDA LLg…….

  • 24. ayu and arsi  |  October 7, 2009 at 2:06 am

    wehh………..
    pusiang den ko ha….
    standar ny turuni aj la,,
    mnjdi 0,1….
    hahahahahaha…………….

  • 25. aNgeLL  |  October 7, 2009 at 2:11 am

    boo?? gila bgd tu..
    dri 4,26 ke 5,5 skrg malah jdi 6…

    psti thun ajran ne bnyk org yg kagak lulus…
    hhuuuuuuhhhh ….
    ^_^

  • 26. dhila muetzz  |  October 7, 2009 at 2:17 am

    bWt pEmErInTaH . . . TLg HrgAe NaQ BaNgSa DuNk. . . . qM kHn jDy sTrESS pNuH gHe RSJ tLg dUnK SpyA NLay nHa gAG dNaEkIn . . . . . .. . . . . . .
    pLeEeEeEaaaaSsSsS !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ThX’ZZZZ . . . . . . . ;. . . .

  • 27. lebay  |  October 7, 2009 at 2:18 am

    mudah-mudahan ayu and arsi lulus UN 2010 nnti.
    dgn nilai yg tinggi,,rata-rata 8………
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnn……………………………………….

  • 28. ayu and arsi  |  October 7, 2009 at 2:21 am

    wehh………..
    pusiang den ko ha….
    standar ny turuni aj la,,
    mnjdi 0,1….
    hahahahahaha……………………………………

  • 29. fatimah imoutz  |  October 7, 2009 at 2:31 am

    moga-moga kta ber-4 lulus di UN 2010 .
    please……..
    tlong trunin standar kelulusan ny y………..
    bsa strezzzzzzzzz ne ha ank bgsa indonesia……
    and soal ny jgn susah-susah gk……
    cnth soal ny : dimanakah letak rumah kmi ber-4 ?????????
    gtu dounk cuyy………
    kn kren tuww……….
    y gk…….
    betul-betul-betul…………

  • 30. okta_dhy  |  October 7, 2009 at 2:35 am

    tlg dong nilai standar na d jdikhan 4,0………….
    law anak bangsa indonesia lu2s smua khan indnesia jga yg bangga…………………
    JANGAN BWT ANAK INDONESIA JADI STRESSSSSSSSZZZZZZZ !!!!!!!!!!!!!!!!

  • 31. teguh  |  October 7, 2009 at 6:41 am

    tolong donk kepada pemerintah untuk tidak menaikkan skm!
    skm redah aja banyak yang gak lulus.

  • 32. xxx  |  October 8, 2009 at 12:46 am

    waaaa ….
    takut ….
    : (

  • 33. DE EN CII giRLZ..  |  October 8, 2009 at 12:58 am

    Ii_gieh GILAG ……
    Ms’ standar kelulusan 6…….
    mo mtii loe ??????????????
    5.50 zz uda ssah ,,, bnyag iank g lulus lgii
    eech mlah d naeg_in jdii 6 ….
    KIAMAT BOK DUNIA ……………
    tlong dunkzzzzzzzzz trunind lgii jdii iank standar bwad qt”
    lu”sn taon 2009/2010 , pliiiiizzzzzzzzzzzzzzzzzz…
    ntr zz naeg_kand na kalo qmii uda lu”s…..
    ampe jdii 8.80 g pa “…. oce…oce…oce

  • 34. Nintha_  |  October 8, 2009 at 12:59 am

    wwwwwwhuuuuaaaaatsssssssssszzzzzzzzz!!!!!!!
    pak. pak . tega baget dah.. masa’ standar kelulusan dinaikin sih??? ohh, tegaaanyaaa!

    bapak juga pengetian donk pak ,.,., dengan anak2 bngsa di seluruh indo… jangan langsung dinaikin … coba dipertimnbangkan dulu . llihat kelululsan tahun yang dulu.. yang dulu aja susahnya minta ampunnn ….

    sebagai siswa sya jadi merasa takut untuk mengikuti UN .,.,.,

    huhuhuhu
    u___________u
    salam anak bangsa!!!

    ps: bpk harus pertimbangkan lagi yooooo

  • 35. mia n asri  |  October 8, 2009 at 1:06 am

    ondeh mak ……
    tlunk dunk kpd PEMERINTAH stndrt kelulusan d trunin dunk iank taon kmren ajj bnyk iank ga lulus p agy taon neh …..
    gara* mkirin ittuh org iank gndut ajj bsa jddiy krus ,, ap agy iank krus bsa tmbah krus dunk ….
    tlunk laag iooh dtrunan nilai nyo saketek …….
    hakz..hakz ..

  • 36. jessica  |  October 8, 2009 at 1:11 am

    asss…. atuuk oh atuuk
    (kyk pin upin jaa..he..ee…)

    pakkkk…de ape neee???
    msa’ standar kelulusan dinaikin geee… duuh,, de rase ibe dunkkzz dgn hak bgsa msa kini …. mank ciiihh jaman de perkmbangannyeee but perlahan dunnkzzz… msa’ standar kelulusan dinaikin jadi 6,, jauh bngdd ngloncatnye dr ynk dluuu,,,
    walaupun rencane nee tapi kmi slakuu siswa ynk ngejaleniiinn jd was2 nee…
    tulunkkk dunkzzz ksihann nee kmi.. prcya dee… hal nee bkan hanye memotivasi ank indo tapi jg mrusaaak fkiraaan nakkk mnjd “streeeeesss”………..

    nb: pissssss… dmai dunkzzz … kurangiiii dkiiit jaaaa…y..y..yyyy

  • 37. diah & leliiy  |  October 8, 2009 at 1:12 am

    aduh” ..
    Pag tega bgt,kug stndar kelulusan di naikin ageh. tauun kmren ajj udah buanyak mkn korban gara” stndar kelulusan yg lumayan tiggi, gimana tauun ini pag ?????
    jadi was” neh !!!!

    do;ain ajj iah moga cmwa anag indonesia bisa LULUS DENGAN NILAI YANG BAGUS DAN MEMUASKAN !!!!!!!

    Amiiien …^_^

  • 38. miiiejogja  |  October 8, 2009 at 1:22 am

    iiiwaowwww…
    piye toh ? kug standar kelulusan UN 2010 naeg toh ?
    oppo ndak kasian ? sammma anak”ny ?

    hhhaha …

  • 39. tari en icha  |  October 8, 2009 at 1:27 am

    ba’a ko yeah….
    cemna neh ,, paniank kplo dyen ko hah !!!!
    piye toh …. nilai na d naik kn ..
    tlunk dunk ,,
    bapak * ibuk* se_x_an!!
    tlunk dunk ngrtiin kta*,,
    bsa gilo den jdi nyoo,,
    seketek ajoo,,indak byk* dochh

    tlunk yooooooooooooooohhhhhhhhhhhhhhhhh……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,???????????????

  • 40. miiacehh,,,,,,,bengkulu  |  October 8, 2009 at 1:30 am

    ba’a ko yeah….
    cemna neh ,, paniank kplo dyen ko hah !!!!
    piye toh …. nilai na d naik kn ..
    tlunk dunk ,,
    bapak * ibuk* se_x_an!!
    tlunk dunk ngrtiin kta*,,
    bsa gilo den jdi nyoo,,
    seketek ajoo,,indak byk* dochh

    tlunk yooooooooooooooohhhhhhhhhhhhhhhhh……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,???????????????

  • 41. facell  |  October 12, 2009 at 4:05 am

    wah gila dah . gw takut ga lulus . ada yg lebih tinggi dri enam gak ?
    hahahaha

  • 42. wainiza  |  October 12, 2009 at 4:08 am

    bngakk ang shell ..
    nilaii 6 aja lh sak angok ang,apolai 7 ..
    hahaha ..:D
    sungguh terlalu !!

  • 43. monika  |  October 12, 2009 at 4:12 am

    buuuussssseeeeettttt daaaaaaaaaaaaah
    turunin dikit nape????
    tega…..
    bener nya bapak nie….

  • 44. facell  |  October 12, 2009 at 4:17 am

    eh siapa si org yg mau naikin ni nilai jadi 6 ?
    jgn gitu dong , lu kan jg prnah skolah . coba lu skrg kaya gw , psti lu te keog keog !
    hahahaha

  • 45. moniqa & lusi  |  October 12, 2009 at 4:20 am

    ya oloh tolong!
    tulung….tulung….

    pak turunin yach dikit aja…

    g’banyak2 kuk

    banyak ugha g’pa2
    heeeeeeeeeeeee

    cemogha nak SPANNINE tahun nie lulus cemua…
    AMMMMMIIIIIEEEEEENNNN
    KHUSUS NYA
    wat…monik yang imut
    lusi yang cuabi
    ma icha yang narsis!

  • 46. agus  |  October 13, 2009 at 12:23 am

    saya mau bertanya kalau misalnya kemampuan anak2 kurang untuk mengejar target nilai tahun ajaran yang sekarang bagai mana,,??
    bagai mna juga caranya untu mengatasi mengurangi yang tidak lulusnya,sedangan saya mengetahui bahwa anak2 sekarang kalau misalnya tidak lulus pasti malu untuk mngulang kembali,,
    di pastikan bahwa akan bertambahnya pengangguran di negara indonesia,,

    saya bicara itu karna say sama juga pelajar,,

  • 47. wan  |  October 13, 2009 at 1:58 am

    untuk yang tidak lulus UN utama bisa mengikuti paket C yang biasanya dilaksanakan 1 atau 2 bulan setelah hasil UN keluar…

  • 48. dayat sman 18  |  October 17, 2009 at 12:37 pm

    dwuh gawad kalo emang benar nilai un bakal jadi 6,OO w harus blajar extra nyh
    tapi sebelum kita yang ngerjain aku mau mendiknas na dlu yang ngerjain bisa gag dya dapat nilai diatas 6,00 kalo gag bisa berarty kita minta turunin nilai un na …………
    cara blajar di indonesia kurang efektif coz banyak mata peljaran yang di pelajari tapi yang di un nin cuma 6 padahal 3 ajah ada yang gag lulus apa lagih 6 mata pelajaran bisa gila dwehhhhhhhhh
    pak mendiknas mengertilah otak orang indonesia tak selamnya mereka pintar dan yang mana rata2 memiliki syndrom forgotten

  • 49. smk  |  October 26, 2009 at 8:42 am

    pemerintah aneh2 msk tiap th di naikkan ,mentang2 situ da g school lgi lht dng yng di bwah jng yng atas2 g nyampek cak……….

  • 50. JULLIA  |  October 30, 2009 at 5:40 am

    wadu jgn di naikin dong nilai’a!!! di kira gak stres apa lock nilai semakin di naikin!!!!!! semakin nilai dinaikain semakin banyak angka kematian yang di karena kan ketidak lulusan!!!! mohon dipikirkan kembali!!

  • 51. jeje  |  October 30, 2009 at 5:44 am

    emang pemerintah nie gak mikir nasib anak yg otak’a pas”an!!! semakin byk siswa yg stres dan bunuh diri di karenakan pelajaran yg semakin susah dan nilai ujian yang slalu di naikan seenaknya tanpa memikirkan nasib anak-anak.

  • 52. jeje  |  October 30, 2009 at 5:47 am

    emang pemerintah nie gak mikir nasib anak yang otaknya paspasan!semakin byk para siswa yg mengalami stres di karenakan pelajaran yg semakin sulit dan nilai standar kululusan yg semakin meningkat,tolong agar di pertimbangkan lg!!!

  • 53. lestari reza w  |  November 14, 2009 at 12:08 pm

    knp standar kelulusan dinaikan???
    emg tu gag terlalu tinggi ?
    kalo bisa UN jgn bulan maret Bulan april sj..
    terlalu mendadak… kasihan anak2 SMK.. terutama dbidang Farmasi yg Ujianya berlipat2 bkn UN sj tp dr DEPKES jg…
    mohon dmengerti…. trims…

  • 54. restu kemala  |  November 21, 2009 at 8:51 am

    waduh… tinggi amat naik’a, otak saiia gk smpe tuh…
    hahahaha…

  • 55. fara  |  November 23, 2009 at 6:22 am

    krang tinggi tuch naikny skalian ja 10. . . . . . . .kan msih bs curang. . . . .. . .hehehew

  • 56. wawan  |  November 23, 2009 at 11:53 am

    SKL dan kisi kisi UN dan UASBN 2010 sudah bisa di downlaod di http://www.demosainscreative.com

  • 57. ncie  |  November 24, 2009 at 8:32 am

    ” stuju aja standar kelulusan dinaikin,tp mtu nya ditingktkn lgi deh,biar imbang.. ”
    ncie hrp brp pun standar kelulusannya,kita semua bisa lulus amin.. !!

  • 58. taMaRa  |  November 25, 2009 at 10:11 am

    aDuuuuh…………………,,

    MAKiN LaMa baTaS kELuLusan KuG naEk cIh,,

    zaaaa aMpIuuuuuNNNN……………………..,,

    GUbRaK…,,ChA_PhE_DhE…,,

    SMP 9 BLITAR MERDEKA LULUS 100%..!!!

  • 59. DEDE AHMAD  |  November 26, 2009 at 3:48 am

    GA KEBAYANG GIMANA JADINYA UNSEKARANG ,LIAT SKLNYA AJ UDAH NGERI APALGI PELAKSANAANNYA,AKAN TETAPI SAYA YAKIN SEMUA ITU SEMATAMATA UNTUK KEMAJUAN BANGSA YANG KITA CINTAI INI.

  • 60. HEndra...  |  December 8, 2009 at 1:35 pm

    tolong donk,,,,,, skl untuk tahun ajaran 2009/2010

  • 61. ria  |  December 11, 2009 at 7:40 am

    sedh ,,,
    dhaaaaaaaa
    uLangan haRian / uts aj nlai q d’bwah 6 ap ge UN yg standart’a 6,,,

    seTRes giLa ,,,

    turuNin dKid keq,,
    tega amd

  • 62. njie  |  January 1, 2010 at 6:48 am

    ih………. gk usah ada UN npa cie….!

  • 63. Rossy  |  January 3, 2010 at 12:40 am

    UN buat 2009/2010 gak usah ada deh…

    mendingan pake yang kayak dulu, namanya nilai TAU..
    yang di rangkup jadi satu..
    please..!

  • 64. devira  |  February 8, 2010 at 4:22 am

    jangan donk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2008
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Kegiatan demosains CREATIVE

lantai kita

SD Budhaya Santo Agustinus

SD Budhaya Santo Agustinus

SD Budhaya Santo Agustinus

More Photos

yang mampir di creative

  • 407,817 hits

%d bloggers like this: