Roket Air Raih Penghargaan Karya Terbaik di Jambore Tunas Nusantara

July 12, 2010 at 12:29 am 2 comments

Pemenang Kompetisi Roket Air Tingkat SD LPD CREATIVEREPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG–Roket air karya pelajar SMA Pangudi Luhur, Yogyakarta, terpilih sebagai karya kreatif terbaik kategori ilmu pengetahuan dari kegiatan Jambore Karya Tunas Nusantara 2010 yang digelar selama tiga hari di Bumi Perkemahan Mashudi Kiarapayung, Jatingangor, Sumedang, Jawa Barat.

Marcella Zalianty yang menjadi salah satu inisiator Karya Tunas Nusantara menjelaskan kegiatan jambore ini melibatkan 2.754 peserta. Setiap peserta, kata dia, membawa beragam karya kreatif.

”Untuk kategori iptek, dewan juri telah memilih karya roket air sebagai yang terbaik. Kami menilai karya tersebut sangat sederhana namun sangat memberikan inspirasi bagi kemajuan teknologi kita ke depan,” kata Marcella ketika dijumpai pada acara penutupan jambore di lokasi, Sabtu (3/7).
Roket air ini merupakan buah karya dari Albertus Endri Yanto Pramono. Ia adalah pelajar kelas III jurusan IPA di SMA Pangudi Luhur, Yogyakarta. Karya Pramono ini terbuat dari bahan-bahan bekas yang ada di sekitar. Bahan dasar untuk meletakkan tempat peluncuran roket terbuat dari alumumium. Alumunium ini bisa dimanfaatkan dari tempat jemuran alumunium.  Roketnya terbuat dari dua botol minuman bekas, yakni botol minuman bersoda dan botol Aqua bekas. ”Untuk tekanannya saya menggunakan air,” kata pelajar kelahiran Wonosobo, 23 November 1992 ini.

Baca lebih lanjut



Entry filed under: article creative. Tags: , , .

Sepak Bola dan Sainsnya Tiga Opsi DPR untuk Ujian Nasional 2011

2 Comments Add your own

  • 1. Ahmad Sahwawi  |  August 27, 2010 at 1:20 pm

    Ass wbr, salam hangat.
    saya kemarin mencari anggota autoroket (roket air) dan alhamdulilah dapat orangnya, setelah saya tanya-tanya tentang kompetisi water roket di Pangkep, Sulsel menemukan hal yang sangat ironis sekali. Ada seorang siswi yang diberi dana riset tak tanggung2 sampai 1jt rupiah khusus water roket di salah satu SMA favorit di Pangkep. Biaya pembuatan roket, launcher, dll hanya sekitar 200ribuan jadi sisanya dipakai untuk kepentingan pribadinya (contoh: beli baju baru) jadi, jika anak bangsa ini jadi pejabat apa bakalan korup juga?
    Tapi alhamdulilah ya pak, saya dapat anggota tim yang benar-benar serius karna emang mencari yg kreatif2 buat proyek roket padat di sma dan smk pangkep.
    Tolong ditanggapi masalah diatas ya;
    wasalam…

  • 2. demosainscreative  |  August 29, 2010 at 3:11 am

    ironis memang…. kalau soal pendidikan mental… tidak hanya dalam soal seperti itu.. kalau kita mau jujur dalam berbgai proses kita sering melihat kontradiksi antara teori dengan praktek. tentunya kamu pernah mengalami sendiri dalm berbgai kegiatan.. walau tidak semuanya demikian. mengenai masalah dana yang besar. tidak masalah selama di laksanakan dengan jujur… artinya dia melakukan riset sendiri dll… ya kalau ada kelebihan angap aja uang pembinaan supaya tetap terpacu terus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


July 2010
M T W T F S S
« Jun   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kegiatan demosains CREATIVE

lantai kita

SD Budhaya Santo Agustinus

SD Budhaya Santo Agustinus

SD Budhaya Santo Agustinus

More Photos

yang mampir di creative

  • 407,817 hits

%d bloggers like this: