Mantel Harry Potter di Depan Mata

September 1, 2008 at 7:02 am Leave a comment

TEMPO Interaktif, Washington:  Ilmuwan selangkah lebih maju dalam mengembangkan bahan yang dapat membuat manusia atau obyek lainnya hilang dari pandangan. Untuk pertama kalinya, para peneliti mengaku bahwa mereka bisa menghilangkan obyek tiga dimensi memakai selubung material rekayasa yang membelokkan sinar di sekeliling obyek. Sebelumnya, mereka hanya bisa membuat obyek dua dimensi yang amat tipis menjadi “lenyap”.

Temuan para saintis dari University of California, Berkeley, yang dipimpin oleh Xiang Zhang itu akan dipublikasikan dalam jurnal Nature and Science pekan ini. Kemajuan tersebut membawa manusia semakin mendekati kehebatan mantel Harry Potter, yang memiliki aplikasi luas termasuk kepentingan militer.

Orang tak bisa melihat suatu obyek karena benda itu membiaskan sinar yang mengenainya, memantulkan sejumlah sinar kembali ke mata. Mantel tak terlihat menggunakan bahan yang disebut metamaterial yang berfungsi untuk membengkokkan radar, sinar, atau gelombang lain di sekeliling sebuah obyek, laksana air yang mengalir di sekitar batu halus di sebuah jeram.

Metamaterial adalah campuran logam dan bahan papan sirkuit seperti keramik, teflon, atau komposit fiber. Bahan tersebut dirancang untuk membengkokkan cahaya yang terlihat dengan cara yang tak dapat dilakukan oleh bahan biasa. Para ilmuwan berupaya menggunakan bahan itu untuk membiaskan cahaya di sekitar obyek sehingga tidak menciptakan refleksi atau bayangan.

Hal ini berbeda dengan teknologi siluman, yang tidak membuat sebuah pesawat menghilang dari pandangan tapi sekadar mengurangi penampang yang dapat terdeteksi radar sehingga membuatnya sulit dilacak. Riset ini didanai oleh Kantor Riset Angkatan Darat Amerika Serikat dan Nano-Scale Science and Engineering Center di National Science Foundation.

AP 

Entry filed under: article creative. Tags: , .

Indonesia Raih Emas di Olimpiade Informatika Eksperimen Fisika Terbesar Dijadwalkan Bulan Depan

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


September 2008
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kegiatan demosains CREATIVE

Klik tertinggi

  • None

yang mampir di creative

  • 418,498 hits